h1

Konsultan Branded!

May 2, 2007

Konsultan Branded!

Kehidupan terus berjalan, dari generasi ke satu generasi terus tumbuh dan berkembang. Begitu juga yang terjadi dengan konsultan perencana.

Bersyukurlah para konsultan senior yang membangun usahanya sejak awal era pertumbuhan industri property di Indonesia. Merekalah yang kini mungkin menjadi konsultan yang notabene dapat dikatakan konsultan branded saat ini!

Mereka yang dapat bertahan melalui beberapa generasi adalah contoh kedisiplinan yang harus ditiru, dan konsultan – konsultan muda yang terus tumbuh harus angkat topi dan salut kepada para senior tersebut. Reputasi memang tidak bisa dibangun dengan singkat.

Bagaimanapun, waktu tetap akan berlalu, sejauh mana konsultan – konsultan branded ini masih tetap akan bertahan? Generasi sekarang mungkin sudah sangat berbeda dengan saat awal mereka terjun di industri ini. Saat ini sudah banyak aktifitas yang dapat dilakukan dengan jempol misalnya, kemampuan sms, transfer uang, browsing internet, deal proyek pun dapat dilakukan dengan jempol. Yang pada masanya dulu belum ada, apalagi jadi budaya seperti saat ini. Teknologi berkembang sejalan dengan peradaban budaya.

Perlu dipahami, konsultan branded ini adalah layaknya sebuah organisasi lainnya. Ada jajaran manajemen sebagaimana perusahaan di bidang – bidang yang lain. Pada sebuah lazimnya organisasi, tidak ada posisi/jabatan yang abadi. Ada saja pergantian staff/karyawan, bahkan pergantian di jajaran direksi sekalipun dapat terjadi. Perusahaan branded pun mengalami perubahan dan pergantian seperti ini. Kondisi ini menunjukkan konsultan branded belum tentu dapat menjaga reputasinya, dan belum tentu dapat menjaga kualitasnya. Karena unsur terpenting dari sebuah organisasi ini adalah orang – orang yang ada didalamnya, para arsitek dan tim kerjanya.

Sistem yang dibangun dalam sebuah organisasi mungkin satu – satunya penolong agar organisasi konsultan branded ini terjaga reputasinya, akan tetapi bila kita kembali ke factor manusianya, maka pergantian ini membutuhkan adaptasi system agar tetap lentur terhadap perkembangan jaman. Lalu, mampukah orang – orang baru ini mengikuti system yang telah ditetapkan pendahulunya, sesuaikah dengan situasi saat ini?

Para pendahulu mereka, boleh jadi sudah tidak berkecimpung di dalam aktifitas harian organisasi, bisa karena usia, konsentrasi di bidang usaha lain ( karena sudah kaya ) atau memang karena regenerasi. Orang – orang yang dulunya membangun reputasi sudah tidak ada lagi di kantor, yang tinggal adalah sederet daftar rekomendasi proyek terdahulu. Daftar inikah yang memutuskan anda untuk memastikan mereka masih yang terbaik? Bisa saja.

Renungkan kondisi ini. Ternyata, bukan reputasi perusahaan yang paling penting, akan tetapi pengalaman mereka. Pengalaman siapa? Organisasinya, orang – orangnya atau pemiliknya? Kini, banyak konsultan – konsultan muda membangun organisasi mereka dengan orang – orang yang sangat berpengalaman di bidangnya. Mereka adalah orang – orang lama yang berpindah kerja ke perusahaan – perusahaan baru ini, atau mereka justru adalah entrepreneur yang melepaskan status karyawannya untuk menjadi pengusaha.

Pemilihan konsultan branded akan sangat bermanfaat bila anda mencari faktor gengsi. Ini tidak dapat dipungkiri, ini adalah salah satu faktor yang terpenting. Konsekwensinya, anda harus membayar ekstra lebih mahal, sedangkan desain/hasilnya bisa sangat ‘kompetitif’ dengan konsultan lain.

Sementara konsultan muda berjuang dan terus membangun reputasi dan ‘brand’ mereka, adalah peran masyarakat yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkarya, selain itu biaya jasanya mungkin lebih bisa anda negosiasikan. Pertimbangkanlah untuk membeli pengalaman orang – orang yang ada di dalam organisasi konsultan tersebut dan tidak hanya dari sisi branded nya. Konsultan bukanlan produk seperti Bentley, Patek ataupun Nike, konsultan desain lebih pada orangnya, tim kerjanya..jasanya! walaupun mirip, tapi tetap berbeda orientasinya.

Jaman terus berganti, dari generasi ke generasi dan rodapun berputar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: